Pages

Subscribe:

Labels

25/09/12

Kompetisi ISL Bisa Molor Hingga Januari

Pernyataan dari PT Liga Indonesia (PT LI) yang merubah jadwal kick off kompetisi Indonesia Super League (ISL), ditanggapi beragam dari klub-klub ISL termasuk Sriwijaya FC. Diperkirakan kompetisi akan digelar pada Januari 2013 mendatang.

Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi juga menilai dengan beberapa alasan dan pointer itu, diperkirakan kompetisi akan dimulai akhir Desember atau bahkan awal Januari 2013.

"Kemungkinan Januari 2013. Memang cukup lama. Apalagi bagi klub-klub yang sudah lengkap dan sudah memulai latihan," jelas Kas kepada Sripoku.com.

Diakui Kas, ini akan mendapatkan tangapan beragam dari para pelatih klub ISL termasuk dirinya. "Pastinya program harus disesuaikan," ujarnya.

Adapun pernyataan PTLI yang disesuaikan kesepakatan yang disetujui pada rapat Joint Committee (JC), disampaikan CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono sebagaimana dilansir dari Tribunnews, Selasa (25/9/2012.

Yakni pertama, menghormati hasil perundingan JC di Kuala Lumpur, Malaysia (20/9/2012). Kedua, ISL tidak ingin kompetisi berjalan sebelum Kongres PSSI terlaksana. Ketiga, pelaksanaan Piala AFF 2012 yang bersamaan dengan ISL.

"Idealnya Kick off ISL setelah Kongres PSSI, namun, kongres ternyata ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Menunggu hasil kongres, karena ada keinginan untuk menghindari kendala setelah liga berjalan. PT LI tidak ingin, setelah kongres ada keputusan yang nantinya ternyata tidak sesuai dengan ISL yang bergulir," kata Joko Driyono.

Joko Driyono mengatakan, awalnya jadwal kick off November, karena keyakinan bahwa kongres bisa digelar pada 24 September 2012. Namun, sampai saat ini JC belum menentukan waktu pastinya walaupun sudah diberikan tenggat waktu oleh AFC paling lambat pada Desember.

"Jika kongres selesai digelar, maka PT LI bisa memutuskan bagaimana nasib peserta kompetisi nantinya. Terutama, terkait nasib klub-klub dari kompetisi IPL yang ingin kembali berlaga di ISL. Regulasi akan lebih mudah jika telah ada kesepakatan di kongres. Kami berharap kongres bisa diputuskan dan dijalankan sebelum Desember. Dengan begitu Kick off bisa lebih cepat juga," urainya.

Alasan penundaan ketiga adalah, pelaksanaan Piala AFF 2012 yang bersamaan dengan ISL. Joko Driyono tidak ingin ada kesan bahwa kompetisi ISL melakukan sabotase karena penjadwalan kompetisi ternyata mengabaikan AFF. Padahal, sampai saat ini peserta kompetisi ISL masih mungkin ada perubahan.

PT LI memiliki ide memundurkan jadwal kick off dan menetapkan tanggal 12 Desember 2012 bergulirnya liga. Tanggal tersebut dipilh karena dinilai mengandung filosofi sepak bola 121212, sebagai ritme permainan sepak bola.

"Namun, belum bisa dipastikan, sebab tidak ada kepastian apakah kongres akan dilakukan sebelum tanggal tersebut. Pada 27 September akan dilakukan meeting dengan klub dan masalah ini akan bicarakan," tambahnya.

Seperti pada tahun sebelumnya, PT LI juga berencana menggelar turnamen Inter Island pada bulan November. Turnamen tersebut dapat dijadikan persiapan klub-klub peserta kompetisi ISL sebelum berlaga di kompetisi musim depan.

0 komentar:

Posting Komentar