Pages

Subscribe:

Labels

27/11/12

Perancang Pureview "41 MP" Hengkang dari Nokia


Damian Dinning

KOMPAS.com — Kepala Departemen Fotografi dan Pencitraan Nokia, Damian Dinning, mengundurkan diri dari perusahaan asal Finlandia itu, Jumat (23/11/2012).

Ia merupakan sosok penting di balik pengembangan kamera berteknologi PureView yang sensornya mencapai 41MP.

Bekerja di Nokia sejak 2004, Dinning akan mengakhiri kariernya di industri ponsel pada 30 November mendatang. Setidaknya, Nokia tak merasa khawatir Dinning pindah ke perusahaan kompetitor karena Dinning akan bekerja untuk perusahaan mobil Jaguar Land Rover.

Dinning mengatakan dalam sebuah pernyataan, ilmu yang selama ini ia dapat dari dunia ponsel pintar akan dimanfaatkan dalam industri mobil. "Saya senang akan segera bergabung di Jaguar Land Rover, di mana saya akan mengambil peran mendorong inovasi masa depan di bidang baru untuk teknologi connected car," ujarnya.

Bersama Dinning, Nokia bertahun-tahun membangun reputasi sebagai perusahaan ponsel pintar yang mengusung teknologi kamera berkualitas tinggi. "Kami mengucapkan terima kasih atas jasanya kepada perusahaan dan kami mengharapkan yang terbaik untuk dia," demikian salam perpisahan Nokia kepada Dinning.

PureView bisa disebut sebagai warisan terakhir Dinning untuk Nokia. PureView menggunakan teknologioversampling pixel, sebuah metode pengelompokan pixel-pixel kecil yang digabungkan untuk membentuksuperpixel tunggal. Nokia mengklaim teknologi ini mampu menangkap gambar yang jauh lebih bersih walau berada di ruangan bercahaya rendah.

Ukuran file foto dari kamera berteknologi PureView tidaklah besar. Pihak Nokia menyatakan, teknologi PureView membuat ukuran file foto setara dengan 5MP. Jadi, tidak perlu khawatir foto-foto tersebut membuat penuh media penyimpanan.

Nokia membawa serta teknologi PureView pada jajaran ponsel pintar Lumia yang bersistem operasi Windows Phone.

0 komentar:

Posting Komentar