Pages

Subscribe:

Labels

19/10/13

Fergie: Melatih Inggris Pekerjaan Mengerikan

VIVAbola – Meski memiliki karir yang cukup lama sebagai pelatih, Sir Alex Ferguson, tampaknya tak pernah tertarik untuk melatih tim nasional Inggris. Menurut Fergie, target yang dipasang oleh FA (Football Association) terlalu tinggi dalam setiap turnamen internasional, tanpa melihat situasi di level grassroots.

Sebelumnya, pria asal Skotlandia ini mengaku pernah dua kali ditawari jabatan sebagai pelatih Three Lions, namun Fergie dengan tegas menolaknya. Fergie sendiri akhir musim lalu memutuskan pensiun setelah 27 tahun menangani Manchester United. Dalam masa pensiunnya, Fergie sempat diisukan bakal membesut tim nasional Australia, kendati rumor itu kemudian menguap begitu saja.
 
“Saya tidak berpikir pekerjaan menjadi pelatih Inggris salah satu pekerjaan yang bagus. Saya berpikir itu adalah pekerjaan yang mengerikan,” kata Fergie, sebagaimana dilansir football365, Sabtu 19 Oktober 2013. 

“Untuk contoh, Greg Dyke (Chairman FA) muncul dan berbicara tentang target Inggris memenangi Piala Dunia 2022. Dia bisa saja mengetahui sesuatu tentang sepakbola, saya yakin dia mencoba belajar dari apa yang sedang terjadi saat ini, tapi dari level grassroots sampai tim nasional akan memerlukan pekerjaan besar-besaran,” jelas pria berusia 71 tahun ini. 

Ferguson juga menambahkan, begitu besarnya tekanan yang dihadapi oleh pelatih tim nasional Inggris, terutama karena terlalu besarnya ekspektasi dari publik dan sorotan media yang berlebihan. Selain itu, keinginan FA agar Inggris menyudahi puasa gelar internasional selama berpuluh-puluh tahun juga bisa menjadi tekanan lain bagi pelatih Three Lions. 

“Para pelatih mencoba berbagai cara menangani sikap pers. Beberapa pelatih mencoba menjilat yang lainnya (pers), dan beberapa pelatih lainnya tidak melakukannya. Tapi, karena Inggris tidak memenangkan Piala Dunia sejak 1966, mereka semua kemudian berada dalam lorong yang sama. Kecuali kalau Anda menang. Itu adalah pekerjaan yang sulit,” tandasnya. (adi)

0 komentar:

Posting Komentar