Pages

Subscribe:

Labels

06/10/13

Tips Dan Trik ‘Licik’ Untuk Real Racing 3

Real Racing

Berhubung masih hangat-hangatnya berita dan review RR3 kemarin, kali ini saya akan berbagi beberapa tips dan trik Real Racing 3, mulai dari cara-cara yang biasa sampai yang cenderung ‘licik’. Sekedar untuk mengingatkan, RR3 memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan NFS meskipun dilahirkan dari publisher dan developer yang sama, jadi buat beberapa orang termasuk saya game balap yang satu ini cenderung agak membosankan di awalnya. Karena karakternya berbeda, cara bermain yang biasa kita lakukan pun harus dirubah berbeda dari biasanya.

DRIVE LIKE A PRO

Secara default RR3 mengaktifkan semua setting Driver Assist ke posisi On. Driver Assist adalah salah satu fitur RR3 yang disematkan Firemonkeys guna membantu pemain mengendalikan mobilnya lebih mudah, tapi buat saya ini justru terlalu mudah. Bahkan IGN menyebutkan, “With tilt controls, auto-acceleration, steering assist, traction assist and braking assist all on, Real Racing 3 nearly plays itself!”. Hal yang paling menyebalkan adalah ketika braking assist ada di posisi On, mobil otomatis akan mengerem jauh beberapa meter sebelum mendekati tikungan, buat mobil yang memiliki akselerasi tinggi tentu bukan masalah tapi jika tidak apalagi kalau posisi kita masih tertinggal sangat sulit sekali mengejar mobil didepan dengan settingan ini.
Real Racing 3 t 640x400 Tips Dan Trik Licik Untuk Real Racing 3
Jadi kalau kamu mau merasa seperti pembalap profesional saya sarankan ganti Brake Assist ke posisi low atau off. Di posisi low pengereman otomatis tidak terlalu konservatif, so kamu masih harus menekan tombol rem untuk melambatkan mobil sebelum mencapai tikungan jika tidak ingin mobil melaju keluar lintasan. Kelebihan lain dari setting ini adalah waktu kamu untuk menyelesaikan balapan akan jauh lebih cepat, selain karena secara otomatis kamu tidak terlalu sering menekan pedal rem, kecepatan mobil juga terjaga tidak terlalu rendah. Karena meskipun tikungan di beberapa track seperti Silverstone sangat tajam, tetap bisa dilalui dengan kecepatan 80 – 100 Kph tanpa membuat mobil terlempar keluar lintasan, so kamu tidak perlu melambat terlalu parah.

DRIVE LIKE A BOSS

Masih berhubungan dengan tips pertama, tips kedua ini agak sedikit licik! Seperti saya singgung di atas setting Brake Assist membuat mobil sangat lambat di tikungan, nah kabar baik nya hal ini juga terjadi di para AI. Mobil-mobil lawan akan menjadi sangat lambat di tikungan bahkan cenderung seperti mengantri, disinilah kesempatan kamu untuk meng-overtake beberapa lawan sekaligus.
Prinsipnya sangat mudah, sebelum mendekati   tikungan posisikan mobilmu di sisi paling dalam tikungan tapi tetap melajulah di atas aspal. Nah tepat disaat mobil-mobil musuh melambat kamu hanya perlu berbelok lebih kedalam bila perlu sampai melintas di atas rumput dan melewati lawan-lawan mu yang lambat itu. Tapi hati-hati saat melakukannya, jika hanya melintasi rumput tidak terlalu jauh kecepatan mobil tidak akan turun tetapi jika terlalu jauh mobil akan tergelincir dan kecepatan turun drastis. Selain itu tentunya kamu harus menghindari pagar pembatas di sisi tikungan yang ada di beberapa track. Lebih jelasnya lihat gambar berikut, garis biru adalah track lintasan, dan garis merah adalah lajur terbaik mobil lawan.
Real Racing Tips 640x400 Tips Dan Trik Licik Untuk Real Racing 3
Dengan cara ini walaupun dalam setiap race mobil kamu memulai start diposisi paling belakang, hanya dalam satu atau dua tikungan pertama kamu akan bisa mengalahkan separuh lawanmu.

DRIVE IN ‘GTA’ MODE

Cara ini sebenarnya penyempurnaan dari tips diatas namun dengan cara yang lebih licik dan cenderung brutal dengan mengorbankan mobil-mobil lawan. Sederhana, cukup melaju terus di track lurus sebelum tikungan secepat mungkin, lalu bergerak ke sisi dalam saat mendekati lingkungan, dan tepat di tikungan JANGAN menekan pedal rem sedikitpun. Ya benar, kamu tidak perlu melambat sedikitpun cukup tabrak mobil lawan terdekat dengan sisi mobilmu dan mobilmu pun akan menikung lebih mudah dengan sendirinya. Efek bagus lainnya adalah masih berhubungan dengan system AI yang akan melambat saat mobil ada di tikungan atau terhalang maka secara otomatis mobil musuh dibelakang mobil yang kamu tabrak tadi akan ikut melambat dibelakangnya dan tidak akan menyalip mobilmu selama itu masih di track berbelok.
Real Racing 3 Tips 640x400 Tips Dan Trik Licik Untuk Real Racing 3
Kamu pasti bertanya, “Loh kalau begitu mobil akan rusak parah dan waktu tunggu perbaikan akan semakin lama dong?”. Memang benar, tapi kabar baiknya ternyata EA sudah melakukan update untuk game ini di hari pertamanya, perbaikan kecil yang disebut service (kerusakan fisik / body) hanya memerlukan R$ dan tidak perlu menunggu, sedangkan perbaikan besar / repair waktu tunggunya pun sudah dikurangi secara signifikan. Sejauh ini repair item terlama yang sudah saya temui di android adalah repair engine yang memakan waktu 15 menit, tetapi kabarnya untuk platform iOS waktu tunggunya masih cukup lama, sampai 6 jam.

MEMPERTAHANKAN POSISI

Jika kamu sudah mencoba ketiga tips diatas kamu pasti menyadari tips terakhir hanya bisa diterapkan jika masih ada mobil lawan di depan dan posisinya tidak jauh (melewati tikungan di saat yang sama). Nah jika kamu sudah mencapat posisi terdepan atau tidak ada mobil lawan yang bisa dikorbankan, kamu perlu menekan pedal rem secara manual untuk bisa berbelok dengan baik. Karena jika tidak melambat mobilmu akan tergelincir ke pinggir lintasan dan kamu akan segera dilewati lawan mu lagi.
Real Racing 3 Tips 1st 640x400 Tips Dan Trik Licik Untuk Real Racing 3
Untuk itu kamu harus bisa mempertahankan posisi, terutama jika sudah diposisi terdepan. Masalahnya adalah kita tidak selalu bisa mengerem disaat yang tepat, kadang terlalu cepat kadang terlalu lambat. Nah disini lah settingan brake assist kembali berfungsi. Saat sudah diposisi pertama, tekan tombol pause lalu masuk ke menu driver assist dan pindahkan brake assist ke posisi low atau off. Dengan cara ini kamu bisa bersantai, hanya cukup membelokkan mobil tanpa perlu memikirkan rem. Tidak percaya cara ini efektif? silahkan lihat jarak antara mobil kamu dengan mobil di belakang (ditulis dengan warna hijau dibagian bawah layar), jarak yang tertera pasti akan semakin besar yang menandakan kamu menikung dengan lebih efektif.
Sekian dulu untuk tips kali ini, dengan beberapa tips di atas semoga kamu bisa memenangkan setiap racenya dengan lebih mudah. Tapi stay tune ti Gamexeon ya karena masih banyak tips lain yang ingin saya bagikan.

0 komentar:

Posting Komentar